Tips Sehat Mengonsumsi Daging Saat Hari Raya Idul Adha

Ketika hari Raya Idul Adha, suka cita pun kita rasakan, karena kita bisa menjalankan ibadah sholat Ied dan bisa menikmati olahan masakan daging yang selama ini cenderung sangat mahal harganya. Kita jarang makan daging kambing atau sapi karena tingginya harga daging, namun saat Idul Adha kita bisa menikmati daging tanpa harus membayar. Inilah hikmah hari raya Idul Adha.

Kita akan mendapatkan daging kambing atau sapi langsung dari para panitia qurban. Daging kurban akan dibagikan secara rata. Untuk itulah kita bisa memanjakan lidah dengan berbagai olahan masakan daging. Sangat menyenangkan dan merupakan nikmat yang sangat luar biasa.

Tetapi jangan sampai kita kehilangan kontrol dalam mengonsumsinya, karena bisa menyebabkan tensi darah naik. Kepala pusing dan aktivitas menjadi terganggu. Karena banyaknya stok daging di rumah, kita lupa jika kebanyakan makan akan menyebabkan gangguan kesehatan. Jangan sampai seperti ini ya.

Daging Kurban Idul Adha 2017

Untuk itulah berikut tips sehat untuk mengonsumsi olahan masakan daging qurban:

Jangan makan berlebihan

Yang menyebabkan tensi darah naik adalah makan daging secara berlebihan atau dalam jumlah banyak. Hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman di perut dan kepala pusing. Untuk itu batasi porsi makan dengan lauk daging secukupnya. Tidak perlu berlebihan, kita hanya cukup makan di jam makan yang seharusnya. Itu pun porsinya tidak boleh berlebihan.

Jangan makan daging sebelum tidur

Usahakan jangan makan dengan lauk daging sebelum tidur karena akan mengganggu kualitas tidur kita. Disarankan untuk makan 2 sampai 3 jam sebelum tidur.

Imbangi dengan makan sayur

Hikmah hari raya Idul Adha menjadi aji mumpung bagi kita untuk makan dengan menu terbaik, yakni daging. Namun jangan pernah lupakan menu terbaik yang lainnya, yakni lauk sayur mayur. Karena sayur mayur ini akan membantu melancarkan sisitem pencernaan kita.

Jangan mengolah daging dengan rasa yang terlalu pedas

Makanan pedas memang nikmat, namun jangan dibiasakan untuk makan pedas berlebihan. Olah daging menjadi menu yang bervariasi rasanya, mulai dari gurih, manis, asam, atau perpaduannya. Makanan pedas akan meyebabkan masalah perut.

Minum banyak air putih

Selain sayur dan buah, cara menjaga pencernaan agar selalu terjaga dengan baik saat gencar-gencarnya makan daging qurban adalah air putih. Anjuran minum air putih 8 gelas sehari masih berlaku untuk mengatasi sembelit.

Tips mengonsumsi daging qurban saat Idul Adha ini sangat penting untuk dilakukan agar kita benar-benar merasakan hikmah hari raya Idul Adha yang sebenarnya tanpa khawatir akan sakit karena berlebihan dalam mengonsumsinya. Upayakan untuk terus menjaga kesehatan, terutama bagi kita yang mempunyai riwayat darah tinggi. Jangan hanya menuruti rasa yang enak tanpa memikirkan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *