6 Ide Kreatif yang Harus Anda Praktekkan di Rumah

desain rumah sejasa

Perasaan hangat dan nyaman yang Anda rasakan ketika berada di dalam rumah adalah apa yang membuat rumah Anda lebih dari sekadar bangunan. Kehangatan dan kenyamanan yang ditawarkan rumah inilah yang akan membuat Anda merasa selalu ingin pulang.

Namun, kenyaman ini tidak bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Diperlukan penataan dan perencanaan ruang yang tepat agar kenyamanan yang Anda idamkan dapat tercipta di dalam rumah. Dan inilah mengapa urusan interior design tidak dapat Anda pandang sebelah mata.

Anda memiliki banyak pilihan untuk urusan design interior, mulai dari mencoba mendesain sendiri agar sesuai dengan keinginan dan selera Anda sekeluarga, sampai menyerahkan segala urusannya kepada ahli design interior yang sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya.

Apapun pilihan yang Anda pilih untuk masalah desain interior rumah, yang terpenting adalah bagaimana rumah Anda dapat ditata sedemikian rupa sesuai dengan selera Anda. Dari begitu banyaknya pilihan inspirasi desain rumah yang dapat dengan mudah Anda temui di internet, desain rumah yang paling sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup Anda lah yang merupakan pilihan desain paling tepat untuk rumah tercinta Anda.

Ada begitu banyak ahli desain interior yang tentu bersedia untuk membuat perencanaan ruang yang baik untuk rumah Anda, namun jika Anda ternyata memiliki banyak ide-ide kreatif untuk diwujudkan, mendesain sendiri rumah juga bukanlah suatu hal yang buruk.

Berikut adalah beberapa saran dan ide-ide kreatif yang mungkin akan sangat berguna untuk Anda yang ingin coba mendesain rumah sendiri.

  1. Tips DIY untuk furnitur

Berbicara mengenai design interior, berarti berbicara mengenai furnitur. Jika Anda mengira bahwa furnitur adalah masalah sepele di rumah Anda, jangan heran jika nantinya Anda akan merasa bahwa ada yang salah di rumah Anda. Anda harus memikirkan dengan matang perihal furnitur apa saja yang akan Anda gunakan di setiap ruangan di rumah Anda, mulai dari seberapa besar furnitur tersebut, material apa yang ingin Anda gunakan, sampai warna apa yang dirasa akan masuk dengan palet warna secara keseluruhan di setiap ruangan.

Salah satu alternatif untuk Anda yang berjiwa kreatif adalah dengan mengaplikasikan tip diy furnitur yang sering Anda temui di media sosial. Sebut saja furnitur sederhana seperti meja kopi. Meskipun sederhana, barang yang satu ini nyatanya dapat memberikan kenyamanan untuk hidup Anda, terutama jika Anda adalah seorang pecinta kopi.

Untuk membuat sebuah meja kopi, yang Anda perlukan hanyalah beberapa papan dan balok kayu, cat, dan beberapa bahan lainnya yang dapat dengan mudah Anda temukan di toko-toko bahan bangunan. Selain meja kopi, Anda juga dapat membuat furnitur-furnitur sederhana lainnya seperti rak buku, bingkai foto, lemari penyimpanan, atau benda-benda lain yang mudah dan praktis dibuat.

  1. Warna pekat untuk cat dinding

Salah satu hal yang dapat membuat interior rumah Anda pop out adalah skema warna yang Anda gunakan untuk ruangan secara keseluruhan. Anda mungkin menyadari bahwa banyak orang lebih memilih warna-warna netral dan lembut untuk warna dinding rumah mereka, namun ternyata Anda bisa juga, lho, coba memadupadankan warna netral dengan warna pekat sebagai kombinasi palet dalam ruangan. Misalnya untuk ruangan kamar tidur, Anda bisa saja mengecat beberapa sisi dinding kamar dengan warna beige, dan satu dinding lainnya dengan warna bold seperti warna merah atau biru. Perpaduan seperti ini dinilai dapat menjadikan tampilan ruangan menjadi lebih menarik.

  1. Lantai kaca

Jika Anda ingin sesuatu yang lebih tidak biasa, gunakan material kaca! Jika elemen pintu yang dibuat dari material kaca sudah cukup biasa, Anda ternyata dapat menggunakan kaca sebagai material lantai.

  1. Fitur multifungsi

Untuk Anda yang menyukai hal-hal yang praktis, memiliki furnitur multifungsi merupakan sebuah keharusan. Furnitur multifungsi seperti ini tidak hanya akan membuat hidup Anda lebih praktis, namun juga lebih hemat. Dengan menggunakan furnitur yang dapat difungsikan untuk beberapa tujuan berarti Anda tidak perlu membeli beberapa furnitur yang berbeda. Dengan begitu, Anda dapat menghemat lebih banyak rupiah, bukan?

  1. Kebun vertikal

Semua orang tentu sadar betapa pentingnya kehadiran tanaman-tanaman hijau di pekarangan rumah, namun dengan semakin modernnya kehidupan, tidak banyak yang berkesempatan untuk memiliki pekarangan yang luas untuk ditanami kebun. Alhasil, banyak ditemui rumah yang tidak memiliki satupun tanaman hijau.

Demi mensiasati masalah kurangnya lahan untuk berkebun, kini banyak dikembangkan konsep kebun vertikal, di mana Anda dapat tetap menanam tanaman di rumah meskipun tanpa adanya pekarangan luas di depan atau belakang rumah.

Anda dapat menanam banyak tanaman yang bermanfaat untuk hidup Anda di kebun vertikal ini, seperti berbagai macam tanaman apotek hidup, atau rempah-rempah yang sangat berguna ketika Anda memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *